Selasa, 29 Januari 2013

Mesin waktu berhasil diCiptakan??

wormhole – konsep mesin waktu
Jika saja anda mempuyai mesin waktu yang bisa digunakan untuk kembali ke masa lalu, apa yang anda lakukan? Kembali beberapa saat sebelum melakukan kesalahan fatal yang sudah anda buat, mengubah kembali pilihan yang salah, atau memperoleh keuntungan dari satu kejadian. Apapun, bisa kembali ke masa lalu, bisa berarti banyak hal dan kemungkinan bisa anda lakukan.
Mampu menaklukkan waktu bisa jadi merupakan impian semua orang. Salah satu orang yang serius mewujudkan keinginannya untuk bisa menguasai waktu adalah Adolf Hitler. Pada masa Perang Dunia II Hitler pernah mengirimkan sebuah ekspedisi yang tidak saja melibatkan beberapa ilmuwan namun juga ahli metafisika dan ahli klenik. Mereka mengadakan eksplorasi ke Pulau Baltik Rugen dengan tujuan mencari tempat misterius yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan perjalanan antar dimensi. Namun karena sifatnya yang sangat rahasia, hingga saat ini tidak diketahui bagaimana kejelasan hasil eksplorasi tersebut.
Berita mengenai penjelajah waktu yang mampu melintasi waktu juga sempat merebak beberapa tahun lalu. Pasalnya saat itu ramai dipublikasikan foto seorang lelaki di tengah kerumunan publik dengan menyandang kamera, mengenakan kaca mata dan pakaian modern abad 20, padahal itu adalah foto tahun 40an. Karena para ahli memastikan bahwa foto tersebut asli tanpa rekayasa dan bebas dari sentuhan digital image editing, jadilah foto itu sebuah fenomena yang menuang kontroversi.
Pertanyaan yang kemudian timbul, akankah manusia mampu menciptakan satu alat yang bisa berfungsi untuk melakukan perjalanan antar dimensi atau untuk kembali kemasa lalu?
penjelajah waktu
penjelajah waktu – foto peresmian jembatan tahun 1941
Secara teori, ruang waktu adalah sistem hitung koordinat antara 3 dimensi ruang dan 1 perhitungan waktu dimana didalamnya kegiatan fisik tengah berlangsung dalam satu kontinum tunggal. Memang terlalu teoritis untuk dijabarkan, namun jika kita mengamati teori relativitas Einstein, ada teori menarik terkait ruang waktu, Einstein-Rosen bridge atau jembatan Einstein-Rosen.
Disebutkan bahwa gravitasi merupakan kelengkungan ruang waktu. Dengan kata lain, karena massa suatu obyek menciptakan lengkungan ruang waktu seperti lengkungan baskom di wilayahnya, maka kekuatan gravitasinya akan menarik massa terdekat lainnya.
Seperti itulah waktu berjalan, dan semua berlangsung normal sampai point tersebut. Tapi bayangkan sejenak jika tiba-tiba terjadi “pembalikan” gravitasi. Jika seperti saat ini, titik gaya gravitasi bumi berada di bawah kaki kita tiba-tiba berbalik titik tinggi di atas kepala, seperti apa ruang-waktu yang mungkin kita lalui? Apakah waktu juga memutar balik secara tiba-tiba?
Pembalikan ruang-waktu memiliki implikasi luas yang memungkinkan terjadinya perjalanan melintasi waktu ke masa lalu. Ini adalah inti dari wormholes dan Einstein-Rosen bridge. Einstein-Rosen bridge adalah properti geometris dari sebuah wormhole yang menempatkan dirinya menjadi semacam “lorong” penghubung menuju ke dimensi lain atau ke alam semesta lain.
Pada dua eksperimen terbaru yang dilakukan di CERN (situs Large Hadron Collider Swiss) sinar neutrino mempunyai kecepatan waktu perjalanan 60 nanodetik lebih cepat dari kecepatan cahaya. Neutrino berjalan seperti balik ke masa sebelumnya (seolah-olah mereka sudah sampai ke tujuan bahkan sebelum mereka pergi). Eksperimen ini mendapat perhatian serius pemerintah, terutama para ahli. Jika eksperimen CERN itu terbukti akurat, berarti mereka berhasil menciptakan peluang bagi terbukanya kemungkinan melakukan perjalanan melintasi waktu ke masa lalu, atau paling tidak perjalanan ke bintang lain.
Beberapa kesaksian datang dari orang-orang penting yang mengatakan bahwa pemerintah Amerika telah berhasil mengembangkan tehnologi terkait sehubungan dengan mesin waktu. Namun bagaimana, kebenaran berita ini sama ceritanya seperti ada tidaknya sosok alien yang telah ditemukan dan dirahasiakan pemerintah AS di Area 21. Karena masih dalam tahap pengembangan atau karena faktor kepentingan atau sebab lain yang tidak diketahui, alat sejenis mesin waktu tersebut keberadaannya masih sangat dirahasiakan dan kecil kemungkinannya untuk diketahui publik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar